The British Aerospace BAE – 146

The British Aerospace BAE - 146

The British Aerospace BAE - 146

Saya

Produsen pesawat itu untuk beberapa empat dekade berusaha untuk merancang pengganti DC- yang sulit dipahami dengan jenis powerplant yang berbeda termasuk piston bermesin Convair / / dan Martin seri – – / – – dan Vickers Viscount turboprop Fokker F. Persahabatan dan Hawker Siddeley HS. . Upaya terbaru telah dibuat oleh industri pesawat terbang Inggris ketika kedua de Havilland dan Hawker Siddeley telah melakukan riset pasar dan desain diformulasikan untuk pesawat kecil kapasitas jarak pendek powered by murni-jet engine selama dan .

Dari dua de Havilland dengan Rapide sebelumnya Dove dan Heron pistonliners telah memiliki pengalaman yang cukup pesawat regional dan telah dirancang pertama di dunia murni-jet pesawat dalam bentuk Comet quad bermesin DH. . Sebuah studi awal untuk suatu pengganti DC- yang ditunjuk DH. telah menampilkan panjang kaki secara keseluruhan lebar sayap meter dua . shp Gnone pesawat turboprop menempel pada sayap tinggi dan maksimum . pon mengambil dari berat badan. Jadi dikonfigurasi itu akan diakomodasi antara dan penumpang atau sedikit lebih dari standar DC- yang – .

De Havilland kemudian diambil alih oleh Hawker Siddeley dan redesignated de Havilland Divisi telah dihentikan secara paksa karya desain pada DH. karena akan bersaing terlalu dekat dengan sendiri Hawker Siddeley Rolls Royce Dart bertenaga Avro yang telah duduk . Namun demikian ada turboprop persaingan ditambah dengan keyakinan de Havilland yang murni-jet teknologi akan menarik daya tarik penumpang cukup besar mengakibatkan proposal pertengahan tahun DH. desain yang menampilkan konfigurasi kemudian-standar yang paling rendah kapasitas jangkauan pendek twin-jet seperti Caravelle SE. BAC- dan DC- dengan sayap menyapu mesin belakang-mount dan t-ekor. Didukung oleh dua dorong . pon de Havilland PS mesin jet itu telah menampilkan panjang kaki untuk akomodasi dari penumpang dan lebar sayap kaki.

Beberapa iterasi telah memperkenalkan progresif meskipun lebar sayap moderat dorong dan berat kotor meningkat sebesar tetapi pengembangan lebih lanjut telah terhambat oleh empat kendala mendasar

. Cocok murni-jet mesin ketersediaan.
. Penghentian pengembangan mesin menjanjikan karena dari beberapa pertengahan -an merger produsen mesin Inggris.
. Tinggi kursi mil biaya atas DC- -seperti sektor yang desain baru telah dimaksudkan.
. Ketidakmampuan untuk memanfaatkan kecepatan sebuah pesawat jet murni atas sektor-sektor yang relatif singkat.

Hawker Siddeley percaya bahwa mesin turboprop itu hanya berada interim-langkah teknologi telah sama-sama memulai sebuah program murni-jet desain pesawat panjang sendiri sebelum merger de Havilland meskipun rendah sayap bermesin belakang t-ekor konfigurasi telah sangat mirip mantan pesaing nya.

Mencoba untuk meminimalkan biaya pengembangan dengan memanfaatkan kokpit pesawat maju sistem dan kabin penumpang yang Avro sendiri telah mengusulkan HS. pada tahun yang telah menampilkan mirip kaki panjang keseluruhan dan -kaki wingspans sebagai de yang sebanding Havilland DH. tetapi diproyeksikan . dorong-pon Rolls Royce RB. mesin telah memungkinkannya untuk menawarkan lebih tinggi . -pon berat kotor dan kapasitas -penumpang.

Dihadapi seperti de Havilland dengan ketidaksesuaian mesin dan ketidaktersediaan Hawker Siddeley dirancang iterasi bulat powerplants diproyeksikan. Perubahan konfigurasi radikal diperkenalkan oleh HS. Tahun misalnya telah mengakibatkan pesawat rendah sayap didukung oleh dua dorong . pon Rolls Royce Trent mesin dengan ekor konvensional mengakomodasi penumpang dalam kabin lima mengikuti dan Persembahan maksimum . pon take off berat badan. Meskipun pengaturan akan menghilangkan belakang-mount kecenderungan t-ekor terhadap deep-kios dan api-out kondisi dan kedekatan tanah penutupan akan memfasilitasi akses penumpang melayani pesawat dan pemeliharaan potensi puing benda asing FOD menelan mesin telah menyerah terhadap HS. diusulkan dua tahun kemudian yang sekali lagi kembali ke konfigurasi belakang-mesin sekarang standar.

Evolusi desain progresif dan meningkatkan dimensi dan dorong telah sebentar-sebentar mengakibatkan pesawat yang kapasitas penumpang telah dua kali lipat dari DC- dan dengan Rolls Royce kebangkrutan-memicu penghentian pembangunan Trent pada tahun penggantian DC- sekarang tak berdaya telah menjadi lebih sulit dipahami.

Ini berkapasitas rendah jarak pendek memiliki pesawat jet tidak seperti sebelumnya berengsel atas powerplant untuk keberadaannya dan potensi hanya berbaring dengan turbofan kecil yang dikembangkan oleh Lycoming Avco di Amerika Serikat. Berdasarkan F . dorong-pon yang telah didukung Northrop A- A mesin turunan sipil derated ditunjuk ALF- telah diluncurkan pada tahun untuk jet CL- bisnis Canadair Challenger dan pertama kali menjalankan dua tahun kemudian . Dalam rangka untuk menawarkan aplikasi komersial sudah konstruksi modular.

Karena . jenis yang dorong-pon Peringkat sudah tidak memadai untuk desain pesawat terbaru HS. dari dan karena tidak ada powerplant lain yang cocok telah dalam tahap pengembangan yang paling DC- pengganti telah dirancang secara paksa putaran empat bukan dua mesin dan fitur baik standar mesin mount-belakang t-tailed maupun alternatif sayap-mount konfigurasi. Sebaliknya akan olahraga dua tinggi sayap sederhana menyapu mana empat turbofan akan tiang-mount. Mengakomodasi penumpang atau tiga kali sebanyak itu pesawat DC- dengan panjang meter dan lebar sayap . meter memiliki berat kotor . pon dan -bahari rentang mil.

Namun demikian HS. yang ditawarkan beberapa keunggulan dibandingkan awal standar penataan de Havilland dan Hawker Siddeley studi desain. Pendek bidang kinerja sepenuhnya setara dengan pesawat turboprop itu dimaksudkan untuk menggantikan telah dicapai oleh dorong-to-weight ratio dan sayap yang dengan -persen cakupan tepi trailing dengan Fowler flaps telah terhindarkan kebutuhan untuk perangkat mutakhir dan penyederhanaan dan pengurangan berat badan telah lanjut dicapai dengan penghapusan reversers dorong. T-ekor yang tersisa dari desain sebelumnya telah dipertahankan untuk menghindari gangguan mesin dan sayap turbulensi.

Polong mesin empat yang telah saling dipertukarkan satu sama lain core konstruksi bertempat modular dibangun dari kipas dasar gearbox aksesori produsen gas / kompresor dan bagian pembakaran turbin.

Diameter badan pesawat kaki telah mengizinkan internal enam pelatih mengikuti pengaturan tempat duduk yang telah dua kali lipat dari DC- itu.

Dalam rangka untuk memenuhi tuntutan rute yang berbeda Hawker Siddeley ditawarkan awal -penumpang HS- – dan sebuah membentang -penumpang HS. – versi baik di maksimum enam mengikuti kepadatan meskipun kapasitas bisa dikurangi dengan kelas yang bervariasi pitch kursi dan pengaturan sejajar.

Sepenuhnya dimaksudkan sebagai mitra murni-jet ke Viscount turboprop HS. dan F. HS. telah dioptimalkan untuk beberapa harian frekuensi tinggi jarak pendek sektor dari pendek dan tidak siap landasan pacu kerikil belum mencapai -persen lebih rendah langsung operasi-biaya dari pesawat ini. Lambat kecepatan pendekatan terkontrol lebih dari knot telah dicapai oleh pesawat belakang nya airbrakes kelopak dan derajat tertinggal tutup tepi memungkinkan operasi dari . meter landasan pacu.

Hawker Siddeley memperkirakan pasar dari . pesawat jenis dengan .

HS. Program peluncuran didasarkan pada dukungan pemerintah juta poundsterling Inggris dan investasi sendiri pabrikan telah terjadi pada tanggal Agustus dan penerbangan pertama dari pendek pesawat HS. – telah menjadi target untuk bulan Desember tahun itu dengan sertifikasi setelah pada bulan Februari sedangkan membentang HS. – bertepatan dengan badan pesawat ketujuh telah ditargetkan untuk sertifikasi pada bulan Agustus . Sebuah skala penuh kayu mock-up telah sebentar-sebentar dibangun di Hatfield.

Seperti banyak proyek-proyek komersial Inggris momentumnya sudah tiba-tiba ditangkap sedikit lebih dari setahun setelah itu telah dimulai. Harga BBM meningkat akibat Kippur Arab-Israel Perang Yom perubahan kondisi ekonomi dan resesi umum ditambah dengan nasionalisasi tertunda dari industri pesawat terbang Inggris telah diberikan program HS. ekonomis tidak layak oleh Oktober . Sebagai hasilnya sempat terhenti meskipun skala kecil rekayasa terus berlanjut dan gambar pesawat peralatan dan jig telah ditahan.

Tiga tahun kemudian pada tanggal Maret British Aerospace telah dibentuk dengan penggabungan Hawker Siddeley dan Aircraft Corporation Inggris dan desain redesignated BAe- telah diluncurkan kembali. Sudah yang pertama telah dilakukan oleh konglomerat baru pada tahun berikutnya pada tanggal Juli .

Diluncurkan untuk pertama kalinya tiga tahun kemudian pada Mei di Hatfield pesawat terdaftar G-SSSH menjadi desain Inggris pertama baru sejak BAC- telah terbang tahun sebelumnya.

Pesawat ini di asli bentuknya BAe- – menampilkan bertekanan semi-monocoque aluminium paduan / pesawat tembaga yang dalam frame pesawat menanggung beban lentur pesawat dan yang luar cincin berlekuk membawa beban belaka teknik konstruksi yang dieliminasi sekitar . cleat wartawan / frame. meter diameternya yang memungkinkan lima atau enam mengikuti tempat duduk pelatih telah memastikan bahwa penumpang akan menikmati kenyamanan yang sama pada rute khas jenis ini pengumpan yang ditawarkan oleh pesawat berbadan lebar operasi jangka panjang sektor yang mereka sering ditransfer.

Single-kelas kapasitas bervariasi dari dalam mengikuti lima -inci konfigurasi menjadi pada mengikuti enam -inci dan pengaturan tertinggi pada perkembangan-enam -inci kepadatan. Total kapasitas menurun dengan kabin depan -kursi kelas pertama dalam konfigurasi empat sejajar.

Pesawat ini memiliki -kaki inci panjang keseluruhan.

Sayap dengan rentang -kaki dan kaki persegi daerah telah menampilkan sweepback -derajat dan tiga derajat anhedral di tepi terkemuka mereka. Karena pendek pesawat -bahari sektor mil kecepatan jelajah yang lebih tinggi daripada dioptimalkan Mach belum diperlukan dan karena itu telah terhindarkan perlunya sweepback lebih besar. Kecepatan rendah pendek bidang kinerja telah dicapai melalui tunggal bagian-nya tab trailing edge flaps Fowler yang dengan luas meter persegi menutupi persen dari rentang dan telah hidrolik dioperasikan oleh Dowty Rotol aktuator. Kontrol roll telah disediakan oleh yang dioperasikan secara manual langsing-dan servo tab dilengkapi aileron yang dioperasikan bersama dengan hidrolik digerakkan setiap sayap luar itu spoiler roll. Tiga kapal tambahan spoiler menjabat sebagai mengangkat dumpers setelah sentuhan ke bawah.

Daya telah disediakan oleh empat Lycoming Textron ALF- R- turbofan masing-masing peringkat . dorong dan ini telah menggantikan rendah dorong . pon ALF- Hs awalnya ditujukan untuk desain. Avco Lycoming telah sejak menjadi Textron Lycoming.

Sebanyak . US gallons fuel dapat dilakukan dalam dua sayap tengah tangki integral dan satu bagian yang kedua terletak di atas kabin penumpang dan dilengkapi dengan diafragma penyegelan vented dan dikeringkan. Tekanan satu-titik pengisian bahan bakar telah berada di sayap kanan tempel dari mesin empat nomor.

Para tailplane horisontal tetap dipasang di atas sirip vertikal tidak dibutuhkan geometri variabel-kejadian standar karena tidak adanya sayap perangkat mutakhir telah mengeliminasi saldo-out persyaratan biasanya berhubungan dengan perubahan lapangan yang terakhir. Lokasinya menghindari downwash sayap dan gangguan mesin dorong asalkan terbesar saat-lengan sehingga mengurangi daerah yang dibutuhkan dan berat badan. Lift yang telah dioperasikan secara manual sementara kemudi sirip vertikal itu telah hidrolik ditekan.

Kunci untuk desain BAe- telah menjadi -kaki persegi hidrolik digerakkan rem udara kelopak membentuk bagian terpisahkan aerodinamis dari tailcone pada akhir ekstrim dari badan pesawat dan deployable ke posisi derajat maksimum. Dengan meningkatkan lambat terkontrol harga keturunan meningkat mereka telah memungkinkan pesawat untuk turun di . fpm atas . kaki dan . fpm bawahnya memfasilitasi pendek landasan operasi dan menghilangkan kebutuhan untuk reversers dorong.

Hidrolik yang dioperasikan pesawat undercarriage roda tiga telah terdiri dari steerable teleskop strut terpasang roda maju-mencabut dua hidung dan tempel-pengungsi unit utama yang ditarik ke dalam ke dalam blister-type fairings di sisi badan pesawat itu. Semua Dunlop fitur roda sedangkan multi-disk peralatan utama yang rem karbon hanya sebelumnya telah digunakan oleh Concorde.

Dua . psi sistem hidrolik powered trailing edge flaps rem udara kelopak bagian bawah dan rem roda. Sebuah Garrett AiResearch GTCP – M unit daya tambahan telah menyediakan penyejuk kabin dan tenaga mesin mulai dan sudah beroperasi hingga . kaki.

Dengan maksimum . pon lepas landas berat BAe- – memiliki jangkauan -mil laut dengan muatan maksimum dan . -mil laut jarak dengan bahan bakar maksimal.

Pertama terbang pada tanggal September pada pertarungan satu jam menit pada satu pon . lepas landas berat BAe- – telah diucapkan sebagai sangat stabil sangat responsif dan menyenangkan tenang oleh nya uji coba dan telah diberikan Penerbangan Sipil nya Authority CAA jenis sertifikat pada tanggal Februari . FAA sertifikasi diikuti tiga bulan kemudian pada Mei.

Dan-Air Services Ltd pelanggan peluncuran jenis telah menempatkan dua perusahaan dan dua perintah optioned September sebelumnya dan diresmikan menjadi layanan terjadwal pada tanggal Maret dengan pesawat sebentar-sebentar-disediakan dari British Aerospace di London / Gatwick-Berne Swiss rute sebelum dikerahkan pesawat sendiri pada rute pada Mei. Para BAe- telah menjadi pesawat jet murni hanya yang telah mampu operasi dari landasan pacu pendek Berne.

Semakin besar BAe- – dengan bentangan lima bingkai menampilkan baru . -kaki panjang keseluruhan dan bisa menampung penumpang dalam konfigurasi enam mengikuti di lapangan kursi -inci atau maksimal pada -inci pitch tapi selain mempertahankan bentang sayap BAe- – s. Pesawat dengan maksimum . pon melepas berat badan memiliki jangkauan . mil-laut dengan muatan penuh atau kisaran . mil-laut dengan bahan bakar penuh.

Pertama terbang pada tanggal Agustus dan terdaftar G-WISC jenis telah diresmikan ke dalam layanan pada tahun berikutnya pada tanggal Juni oleh Air Wisconsin yang telah menempatkan pesanan untuk empat perusahaan dan empat pesawat optioned dikonfigurasi untuk pada Mei hari yang sama bahwa varian pendek pesawat pertama kali diluncurkan. Bergabung dengan armada Fairchild Swearingen Metro IIs dan de Havilland Kanada DHC- pesawat turboprop yang BAe- – telah dikerahkan rata-rata mil sektor rute jarang naik lebih tinggi dari . kaki dan pada musim semi tahun itu telah melayani pertengahan barat kota beroperasi sektor harian per hari. Akhirnya menggantikan pesawat turboprop.

Urutan terbesar selama perusahaan dan pilihan telah ditempatkan oleh operator lain regional AS Pacific Southwest Airlines PSA sementara AS lainnya operator telah termasuk Air-Pac dari Kepulauan Aleutian di Alaska Aspen Airways Air-Cal American Airlines Discovery Airways Hawaii Presiden Airways Royal Barat USAir dan Commuter WestAir.

Para BAe- itu merupakan yang pertama murni-jet telah bersertifikat untuk beroperasi dari London City STOLport terletak di wilayah Docklands karena kemampuan pendekatan curam pendek landasan pacu kinerja dan emisi kebisingan yang rendah.

Dalam rangka untuk memperluas lini produk menawarkan kapasitas penumpang meningkat dan lebih memadai bersaing dengan Fokker yang maju sendiri membentang F. British Aerospace menawarkan peregangan detik dari aslinya BAe- – yang telah terkandung -kaki ke depan dan -kaki belakang badan pesawat plugs dibandingkan dengan BAe- – . Versi yang dihasilkan yang BAe- – menampilkan bagian badan pesawat tengah diperkuat dan baru -kaki inci panjang keseluruhan tetapi sebaliknya bekerja sama dan lebar sayap ALF- R- turbofan. Single-kelas lima perkembangan kapasitas di lapangan tempat duduk -inci telah meskipun kepadatan tinggi penumpang di lapangan tempat duduk -inci bisa diakomodasi dengan penambahan pintu keluar darurat tipe III dipasang di pusat badan pesawat. Varian . pon dengan kisaran . mil-laut dengan muatan penuh dan berbagai mil . -laut dengan bahan bakar penuh pertama kali diterbangkan pada tanggal Mei setelah prototipe BAe- – G-SSSH telah dikonversi menjadi standar ini dan reregistered G-LUXE.

Air Wisconsin kembali meluncurkan pelanggan untuk versi telah menerima pengiriman pertama lagi-pesawat BAe- – pada Desember salah satu dari lima yang telah terdiri pesanan sebelumnya untuk- .

Sebuah versi kapal barang Trader BAe- -QT Tenang telah tersedia dalam tiga versi penumpang. Menggabungkan ke atas-pembukaan hidrolik dioperasikan . -by- . pintu kaki di belakang samping kiri lantai diperkuat dan sistem pembebanan pesawat tanpa jendela penumpang dan fasilitas bisa menampung sembilan LD- kontainer atau enam -oleh- palet inci hingga . pon dan palet -oleh- tunggal setengah inci. Prototype berupa sebuah BAe- – dikonversi oleh Hayes International Corporation pertama kali diterbangkan pada tanggal Maret dan telah diresmikan ke dalam layanan TNT Aviation International Services pada tahun berikutnya pada Mei. Operator telah kemudian diakuisisi sejumlah besar dari mereka.

II

Seorang wakil BAe- – penerbangan yang dioperasikan oleh Air Zimbabwe dari Hwange ke Kariba telah diambil pada bulan September .

Didirikan pada tahun sebagai Air Rhodesia untuk mengoperasikan rute Rhodesia Tengah Airways Afrika operator terus berubah sebagai akibat dari kekuasaan mayoritas meningkat hitam telah redesignated udara Rhodesia-Zimbabwe pada tahun dan hanya Air Zimbabwe pada tahun berikutnya setelah negeri telah mencapai kemerdekaan. Masa transisi penuh dengan ketidakstabilan politik telah memicu rute penataan kembali struktur konstan yang hanya mencakup Afrika Selatan.

Ketika situasi internal telah akhirnya telah restabilized sistem rute telah berangsur-angsur kembali sekali lagi menawarkan koneksi antara Zimbabwe dan banyak negara-negara regional Afrika serta mereka di Eropa. Pada tahun Air Zimbabwe telah beroperasi delapan Viscounts tiga Bs dan tiga – Bs meskipun s tambahan yang kemudian digantikan s tersebut.

Karena deregulasi-melahirkan persaingan pembawa kecil telah meningkatkan upaya untuk tetap kompetitif dengan layanan penumpang ditingkatkan dan lebih modern tiga jenis armada yang telah termasuk salah satu BAe- – tiga – dan dua – ERs melayani lima tujuan domestik Zimbabwe dari Bulawayo Harare Hwange Kariba dan Victoria Falls sedangkan tujuan internasional Afrika dari Dar-es Salaam- Durban Gabarone Johannesburg Lilongwe Lusaka Manzini Maputo Mauritius Nairobi dan Windhoek dan tiga tujuan antar benua Eropa Frankfurt Larnaca dan London.

Pada bulan Juni telah memulai Program Customer Care untuk meningkatkan layanan dan memperkenalkan Bisnis Kelas Eksekutif baru di dua pesawat widebody dalam rangka untuk lebih efektif bersaing dengan pembawa yang lebih besar internasional yang telah beroperasi antara Eropa dan Afrika.

Sudah toted tiga slogan Tradisi Peduli pada tahun Di atas Semua Kami Peduli pada tahun dan Pengalaman Komitmen kami untuk Keunggulan pada tahun .

Diri yang disebutkan tujuannya telah menjadi maskapai yang paling memenuhi kebutuhan pelanggan untuk beroperasi secara menguntungkan dan untuk berkontribusi pada pengembangan Zimbabwe menggunakan keterampilan dan bakat tenaga kerja yang berkomitmen.

Operasi BAe- – penerbangan hari itu terdaftar Z-WPD dan bernama Jungwe telah dikonfigurasi dengan satu kelas mengikuti enam kursi dan telah dilengkapi dengan sistem audio penumpang. Routed dari Victoria Falls untuk Hwange Kariba dan Harare dengan nomor penerbangan UM itu dioperasikan tiga sektor mencakup menit satu jam dan menit dalam durasi.

Setelah boarding dari terminal tunggal melalui depan nya airstair kiri tinggi sayap quad bermesin jet regional Inggris olahraga hitam yang penuh warna merah kuning dan corak bergaris hijau dilaksanakan gulungan panjang taksi di landasan beton diapit oleh rumput kering Hwange National Park coklat dan hamparan scrub secara periodik diselingi dengan memberi makan kawanan impalas.

Melengkapi nya Sebelum Take Off checklist dan memperluas trailing edge flaps nya Fowler sampai derajat posisi mereka pesawat mencekik ke dalam roll percepatan empat ALF- R- turbofan mendorong . kilo-massa dengan . pon mereka dorong ke dalam hidup yang menghasilkan kecepatan. Memanfaatkan dirinya menjadi rotasi di knot dengan horisontal lift nya tail-berengsel dengan BAe- menyerah diri dengan suasana Afrika panas dengan kecepatan -simpul V mencabut roda tiga yang bawah dan mempercepat melalui kecepatan -simpul VFTO menuju abu-abu menutupi langit-langit.

Miring menjadi bank tepat di atas hamparan Afrika coklat dan cokelat di . kaki BAe- retraksi flap nya dari – ke posisi derajat menyelesaikan nya Setelah Take Off checklist. Ascending melalui . kaki pada saat kecepatan tanah -simpul telah didaftarkan itu mempertahankan tingkat pendakian . -fpm. NAB nya menunjukkan jarak mil ke Kariba.

Terjun melalui ketidakjelasan buram kotor di . kaki Memerangi menang atas putih pegunungan-muncul cumulous sekarang tanpa batas bulleting melalui kemurnian illustriously-biru sore hari di . kaki.

Beringsut throttle kembali beberapa saat kemudian kapal daerah Inggris duduk di level . -kaki dari dataran tinggi pada kecepatan tanah -simpul dengan mil tersisa ke tujuannya.

Cabin layanan pada sektor satu jam dalam negeri sudah termasuk pilihan soda air mineral jus jeruk dan limun dan makanan kecil mencoba keripik kentang dan kacang tanah.

Kecepatan tanah telah pinnacled pada knot.

Keturunan dimulai dengan mil tersisa pada rencana penerbangan telah dicapai dengan panggilan di . kaki di SEL ALT kokpit autopilot sehingga di tingkat keturunan . -fpm.

Menyerah sekali lagi ke padat referensi-kehilangan ketidakjelasan dek awan pesawat jatuh melalui . kaki pada kecepatan -simpul dengan mil tersisa ke Kariba memperpanjang rem kelopak nya udara pada . kaki yang menghasilkan sangat terkontrol tapi drag-diinduksi profil. Ketinggian . kaki telah sebentar-sebentar keluar ke jendela SEL ALT.

Muncul dari langit-langit kabut di atas biru bayi Danau Kariba yang telah digariskan oleh garis pantai yang kering scrub cokelat dan cokelat kapten berkonsultasi pendaratan tutup nya grafik sesuai dengan berat . -kilo.

Memperluas nya Fowler flaps ke posisi derajat di . kaki di mana waktu mil tetap pada rencana penerbangan pesawat tersebut mengeluarkan bawah mobil pada kecepatan tanah -simpul dan digerakkan tinggi angkat yang perangkat ke tingkat – posisi sementara lengkung menjadi bank kiri atas hamparan padang pasir kering. Siluet gunung hitam digulung menjadi pemandangan di depan jendela kokpit.

Descending melalui . kaki dengan kecepatan tanah -simpul yang BAe- – sekarang olahraga derajat tertinggal tutup tepi mempertahankan -derajat pos landasan pacu tampaknya dibajak antara jerami coklat terlihat melalui kaca depan.

Memperluas rem kelopak nya udara ke posisi derajat pesawat terbang pada tingkat keturunan diabaikan melewati ambang Runway di knot memperlambat throttle dan pembakaran ke dalam kontak undercarriage utama dengan beton sizzilingly panas. Melambat dengan aplikasi rem yang signifikan dan dengan spoiler yang menangani sudah dikerahkan ke posisi LIFT SPLR dorong reverser-tanpa quad-jet dikonsumsi tengah dengan roda hidung sampai menjangkau ambang lainnya dan bisa mengeksekusi -derajat berpaling.

Taxi menuju jalan terminal tunggal di tengah terik derajat panas tinggi sayap t-ekor pesawat meskipun biasanya sangat kecil di sebelah sebuah badan lebar antarbenua dikerdilkan Amerika Udara PA- Aztec dan koleksi piston swasta sekarang diparkir di sekitarnya.

Para BAe- memiliki terbukti dengan sektor ini menjabat sebagai link Zimbabwe antara yang sering jalan tidak berhubungan kota dan masyarakat.

III

Meskipun British Aerospace BAe- itu hanya dijual contoh semua versi untuk maskapai penerbangan dunia itu tetap membentuk dasar kemudian lebih canggih Textron Lycoming LF bertenaga Avro RJ RJ dan RJ derivatif.